Buat para blogger atau admin website yang memiliki visitor tertarget pada situsnya bisa dijadikan sebagai ladang berbisnis, biasanya fokus utama merekaadalah pada seo optimization. Mereka rela menghabiskan banyak waktu untuk memastikan bahwa konten-konten di situsnya lulus kaidah seo. Kepadatan kata kunci pada setiap post benar-benar mereka perhatikan, keyword harus ada di awal dan akhir tulisan, setiap keyword harus di garis miring atau underline.
“Bagaimana dengan tulisan ini? Banyak kata yang di-underline, apa ini berarti juga optimalisasi seo?”
Jangan salah paham, kata-kata yang dimiringkan disini bukan ditujukan untuk optimalisasi seo, tapi untuk manandai kata dalam bahasa inggris. Sebenarnya tidak apa-apa memiringkan atau menggarisbawahi kata kunci untuk mendongkrak seo, tapi jangan berlebihan! Ingat yang menikmati konten dan membaca artikel anda adalah orang bukan robot!
Meskipun robot search engine menyatakan tulisan anda bagus dan berhasil menggiring orang untuk mengunjungi situs anda, tapi kalau kontennya terlalu didesain untuk ramah pada search engine saja maka si pengunjung pastinya akan merasa tidak dihargai, jadi males deh datang ke situs anda lagi.
Pasalnya, saya sering kena tipu seperti itu. Lagi butuh akan informasi tertentu, ketik di google, tekan enter, ehh yang keluar di halaman pertama banyak yang nggak relevan. Iya sih judul headingnya emang pas, tapi setelah dibaca kontennya—judulnya apa, isinya apa? -_-. Jadi membuat saya males sendiri, makanya kalau butuh informasi tertentu, seringkali saya riset ‘benar-benar’ dulu, setelah ketemu yang klop, bookmark deh. Ini sebagai penghargaan buat si admin, karena nulisnya sepenuh hati sehingga membuat pengunjung betah dan terbantu deh!
Dalam menulis untuk dipublish di blog atau situs, sebaiknya jangan terlalu pusing mikirin seo deh. enjoy aja nulisnya, buat senyaman mungkin jadi nggak ada beban tersendiri buat anda sebagai blogger. Meskipun anda mendirikan situs untuk tujuan bisnis, tapi ya tetap utamakan kenyamanan reader situs anda, kalau dalam bahasa bisnisnya sih pengunjung adalah raja. Sebab mungkin mereka akan menjadi pelanggan anda dimana income akan terus mengalir darinya.
Setelah menulis dengan sepenuh hati, baru lakukan optimalisasi seo, yaitu dengan mem-publish-nya secara eye catching. Pokoknya desain yang menarik dan rapi sesuai kenyamanan pembaca anda. Anda tidak akan butuh waktu lama untuk melakukan hal ini, cukup 1-5 menit saja, yang sudah terbiasa tidak akan butuh lebih dari 2 menit untuk membuat kontennya terlihat menarik dipajang di situs web.
O, iya jangan lupa targetkan pengunjung situs anda. Maksudnya bagaimana? Setiap situs pasti punya karakter dan topiknya masing-masing. Tapi kalau situs anda termasuk dalam topik yang luas pasti pengunjungnya bermacam-macam. Nah, sesuaikan tampilan dan desain setiap post anda dengan target pengunjung. Jika anda menulis tentang gaun pengantin, maka target anda pastinya perempuan. Ya sesuaikan saja dengan karakter mereka, misalnya suka dengan warna yang stylist, enak dilihat, dsb. Jika target anda para laki-laki, maka gunakan yang simple saja, tulisan anda juga lebih baik langsung njujug, tidak perlu banyak panjang lebar—sesuai dengan karakter laki-laki.
Baiklah sekian dulu ya, semoga bermanfaat!