4 Langkah Sukses Promosikan Produk Affiliasi http://ift.tt/1QQxAEe @carihoki #blogging

Bicara soal affiliasi, pasti akan lebih akrab membahas promosi soalnya ya itulah inti dari cara kerja affiliasi ini. Jadi gimana langkah-langkah menjadi seorang affiliate marketer sukses? Simak yuk tipsnya,

1. List jaringan affiliate kemudian daftar sesuai pilihan


Step yang pertama pastinya daftar dulu ya, list beberapa jaringan affiliate yang menyediakan tempat bagi affiliate marketer untuk bekerja. Berikut beberapa affiliate marketer network yang direkomendasikan dan terbukti kualitasnya:
  • Amazon — sudah bukan rahasia lagi, disana adalah dunianya para affiliate marketer dimana anda juga bisa bergabung dan ikut mencicipi dollar-dollar mengalir ke saku anda. Barang yang bisa anda promosikan berupa barang fisik saja, tapi tentu berkualitas.
  • Clickbank — sudah santer terdengar suara keberhasilan orang-orang yang terjun ke dalamnya juga, produknya berupa barang digital. 
  • Untuk penyedia lainnya bisa di Warriorplus dan JVZoo (produknya berupa internet marketing), serta Envato (produknya berhubungan dengan desain grafis)
  • Selain itu, ada juga toko online seperti Lazada, produknya bisa lihat sendiri, barag rumah tangga semua ada disana
Untuk penyedia di atas, proses bergabungnya mudah, tidak meminta persyaratan apapun. Jadi sangat recommended deh!

2. Pilih produk yang sesuai dan simpan linknya


Memilih produk affiliasi jangan hanya memperhatikan harganya yang mahal sehingga komisi anda besar, tapi lihat juga jumlah review, ratingnya dari para pembeli, dsb. Sehingga barang terjamin dan anda mudah mempromosikannya.

O, iya jangan lupa untuk pilih produk berdasarkan tema blog yang sudah anda buat. Boleh buat blog khusus untuk affiliasi tapi jangan lupa target ke pembaca, karena tanpa traffic yang bagus bagaimana mungkin produk yang anda promosikan bisa terjual apalagi laris manis?

Kemudian jangan lupa juga untuk menyimpan link affiliate anda, karena pastinya anda tidak akan berhenti hanya mempromosikan satu produk saja. Copy dan paste-kan di notepad agar mempermudah proses kerja anda.

3. Buat konten yang menarik


Karena media promosinya adalah blog atau website maka anda perlu membuat konten, bisa berbentuk artikel ataupun video. Khusus untuk jenis konten review produk berikut tipsnya:
  • Jangan berbohong, memulai sesuatu apalagi bisnis terlebih lagi di internet lebih baik untuk jujur. Karena kepercayaan orang adalah modal utama anda. Kalau ada kekurangan dari produk tersebut sampaikan juga pada reviewnya. Disini kredibilitas anda dipertanggung jawabkan.
  • Rekomendasi harus berasal dari anda sendiri, jadi gunakan sudut pandang secara pribadi, dari anda ke pembaca atau calon pembeli.
  • Usahakan hanya mereview produk yang memang berkualitas. Cari aman saja.
Ada lagi jenis konten yang readable, yaitu comparison. Artinya meng-compare atau membandingkan beberapa produk sekaligus dalam satu konten atau artikel (jika kontennya berupa artikel).

Konten tutorial juga merupakan lahan basah dimana anda bisa dengan mudah meletakkan link affiliate produk. Konten seperti ini biasanya lebih disukai pengguna internet.

Yang terakhir adalah konten yang menawarkan diskon, dimana biasanya produk tertentu menawarkan diskon menggunakan kupon tertentu sehingga harganya lebih murah.

4. Optimasi layanan yang sudah disediakan


Beberapa produk tertentu juga menyediakan layanan bagi para affiliate-nya, sehingga anda bisa langsung gunakan di blog atau website anda. Misalnya banner, optimasi penggunaan banner seperti anda memasang iklan dari Adsense.

Mempromosikan lewat blog memiliki keunggulan tersendiri daripada memasang iklan, yaitu tampilan blog akan lebih terjaga keramahan dan kerapiannya sehingga pengunjung lebih nyaman serta seperti yang sudah dikatakan tadi, komisinya jauh lebih tinggi.

Baiklah sekian dulu artikel mengenai step menjadi affiliate marketer, semoga bermanfaat ya!