Cara Promosikan Blog Dengan Guest Blogging / Meninggalkan Jejak http://ift.tt/1ZQfjrf @carihoki #blogging

Tips nomor dua untuk membuat blog yang sukses adalah pemasaran konten (yang pertama kualitas kontent itu sendiri), setuju kan ya? Strategi pemasaran konten yang sebenarnya sangat ampuh membuat konten kita jadi page 1 di Google, sederhana aja kok. Apakah itu? Melakukan guest blogging, tentunya di blog yang sudah terkenal ya dan juga dengan CARA YANG BENAR.

Nah, masalahnya para blogger memang sudah menyadari hal ini, namun sering kali salah kaprah terkait cara melakukannya. Maksudnya  gimana? Mereka memang melakukan guest blogging di blog yang sudah terkenal, tapi caranya SALAH.

Berikut kesalahan para blogger saat melakukan guest blogging:

1. Meninggalkan jejak link menuju homepage blog


Yang perlu diluruskan terlebih dahulu adalah mindset kita, tujuan kita melakukan guest blogging adalah untuk mendapatkan backlink ke KONTEN terbaru yang sudah kita buat sebelumnya, bukan ke BLOG kita! Kita memasarkan konten bukan blog!

Namun sering kali, backlink yang digunakan justru menuju homepage. Kenapa tidak boleh? Karena mereka pasti bingung ketika sampai di blog kita, mau jalan-jalan kemana ya? Dan parahnya, tak ada konten yang mampu membius mereka untuk melihatnya. Jadi, ya hanya dengan mencapai homepage kita, mereka langsung kabur deh. Buat apa lama-lama di blog orang yang nggak bakal membawa manfaat, iya kan?

Beda lagi kalau tautan yang kita tinggalkan langsung menuju konten terbaru yang sudah kita buat. Orang-orang yang meng-klik tautan kita kemudian ke blog kita akan langsung membaca ‘apa sih isi artikel (kalau kontennya berupa artikel) ini?’. Kalau memang isinya menarik, dilihat dari judulnya saja pasti sudah bisa membuat orang tertarik untuk membacanya.

2. Komentar yang sia-sia


Melakukan gues blogging pastinya dengan berkomentar dulu dong ya? Masa kita langsung tinggalkan link tanpa ada pengantarnya dulu sih? Hargai pemilik blog dong (kalau kita ingin dihargai harus menghargai orang juga kan ya?)

Nah, untuk berkomentar ini, biasanya ada beberapa tipe komentar nih,

  • Komentar ala kadarnya
  • Komentar yang ada niatnya
  • Komentar untuk menjalin hubungan dengan si pemilik blog
Terus yang terbaik yang mana? Tentu saja tipe yang ke-3 dong guys, setuju kan?

Emang kaya gimana sih komentar yang ala kadarnya?

Kaya gini nih guys, “blognya bagus deh kak, sangat bermanfaat buat saya tuh soalnya saya lagi belajar ngeblog juga. Makasih ya” pake emoticon senyum gitu biasanya :D *jangan tersinggung ya kalau yang biasanya kaya gini, peace guys^^

Nggak papa sih kalau emang pinginnya komentar kaya gini, tapi kan tujuan kita untuk membangun backlink dan mempromosikan konten ya, jadi tipe kaya gini nggak cocok banget deh.

Terus yang komentar ada niatnya tuh gimana contohnya?

Misalnya ya, “admin, saya ada pertanyaan nih, emang penting banget ya kasih tag di setiap gambar yang kita post di blog? Soalnya saya acuh banget masalah itu, mungkin karena itu SEO blog saya kurang maksimal ya?, makasih jawabannya”

Nah, kalau anda mau komentar dan mengharap manfaat dari komentar, setidaknya komentarnya seperti itu ya.

Tipe ketiga kaya gimana?
 
Ini tipe terbaik, contohnya gini, “ emang bener banget tuh apa yang dikatakan admin, appreciate banget dah, salut ane. Tidak mudah memang untuk konsisten, apalagi nulis buat blog, saya sendiri kadang seminggu sekali bahkan pernah juga sebulan sekali. Karena itu, saya pikir adminnya emang luar biasa banget bisa kaya gini, saya juga udah buktikan sendiri sejak menyadari pentingnya konsistensi dalam ngeblog, silahkan lihat sendiri di www.marimampir.com”

Adminnya pasti seneng banget tuh ada yang komentar begitu, ini pastinya lebih bermanfaat dan kita juga bakal dapat image yang positif. Kalau udah begitu, kan mulus jalan kalau mau menjalin hubungan sama si admin.

Oke guys, sekian dulu ya, semoga bermanfaat dan happy guest blogging!


Related Posts :