Pikirkan kenapa orang lain harus membayar anda
Mindset penting yang harus anda bangun kemudian anda pikirkan apa jawabannya. Beberapa point yang biasanya membuat orang mau membayar anda antara lain,
- Produk yang anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka
- Kualitas produk terjamin
- Fasilitas dan pelayanan baik
- Berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen, maksudnya kepuasan konsumen berada di posisi pertama
Hobi atau passion
Seseorang dengan senang hati akan merogoh kocek dalam-dalam demi hobi mereka. Misalnya, demi mendapatkan sebuah tas dari kulit buaya untuk melengkapi koleksinya, seseorang mau membayar mahal meski sebenarnya bisa membeli imitasinya.
Masalah
Siapa yang tak mau masalahnya terselesaikan? Meski dengan membayar sekalipun, ia pasti akan melakukannya. Contohnya masalah obesitas (masalah umum-sangat potensial), contoh lainnya adalah jasa tiket pesawat dsb.
Ketakutan
Ketakutan itu bisa dari segi apapun, ketakutan terhadap masa depan, ketakutan karena trauma, dll. Misalnya orang mau membeli asuransi pendidikan karena takut anaknya kelak tidak bisa melanjutkan pendidikan atau seseorang mau membeli helm tercanggih dan teraman karena trauma pernah jatuh dari motor
Untuk mengembangkan ide toko online anda, sebaiknya anda mulai me-list hobi, masalah, beserta ketakutan yang ada di sekitar anda. Sangat dianjurkan kalau setelah itu anda mencari relevansinya dengan market online yang ada. Melakukan riset pasar online akan sangat membantu anda, dengan mengamati maka kita akan belajar.
Pikirkan juga daftar 5-10 prioritas keinginan yang ingin dipenuhi oleh setiap orang. Anda boleh melakukan wawancara secara acak, dan menanyai narasumber yang anda pilih, apa saja urutan list prioritas keinginan yang ingin mereka penuhi. Dari situ, anda akan tahu apa saja kebutuhan banyak orang yang ingin segera mereka penuhi. Sehingga anda akan punya ide untuk membangun toko online milik anda sendiri.
Kalau anda sudah menemukan ide yang ingin anda gunakan, sebaiknya kalau masih bisa, anda fokuskan lagi untuk lebih spesifik lagi. Apa gunanya memiliki toko online yang jangkauan fokusnya luas tapi tidak terberdayakan dengan baik? Untuk seorang pemula, maka lebih baik mencoba dari bawah dulu dengan tingkat resiko yang rendah pula, baru setelah itu upgrade dan naik tingkatan, begitu seterusnya. Enjoy your business ya!